Senin, 25 Agustus 2014

Cara Pemasaran Bimbel lewat Mulut ke Mulut sebagai Solusi Paling Efektif Mendapatkan Murid

Cara Pemasaran Bimbel lewat Mulut ke Mulut sebagai Solusi Paling Efektif Mendapatkan Murid

Bagaimana cara memasarkan lembaga bimbingan belajar kita kepada khalayak luas?  Bagi bimbel yang sudah ‘eksis’ lebih awal dan memiliki dana yang besar, mereka mampu mengeluarkan biaya yang besar pula untuk memenuhi kebutuhan pemasarannya. Misalnya memasang iklan di media cetak nasional yang tentunya membutuhkan biaya yang mahal.

Namun sesungguhnya ada cara lain yang murah tapi efektif untuk mendapatkan murid-murid baru. Cara ini biasa disebut dengan istilah Mouth by Mouth atau dari mulut ke mulut. Konsep pemasaran ini menjadikan konsumen sebagai salah satu tim pemasaran kita. Artinya, baik langsung atau tidak langsung, konsumen akan menceritakan keunggulan bimbel kita kepada orang lain. Cara ini lebih efektif daripada memasang iklan di beberapa tempat karena salah satu faktor siswa mengikuti bimbel adalah melalui referensi kawannya. Mereka akan lebih percaya kepada temannya daripada jargon-jargon yang dipasang di media-media iklan. Bahkan para siswa akan lebih percaya ketika melihat prestasi belajar temannya meningkat pasca mengikuti pendalaman materi di suatu bimbel.

Namun, konsep Mouth by Mouth  tidak akan berjalan ketika bimbel kita tidak berkualitas atau tidak mampu memberikan kepuasan kepada siswa. Oleh karena itu, segera tingkatkan layanan dan mutu lembaga bimbel kita agar secara alami siswa-siswa menceritakan keunggulan bimbel kita kepada teman-temannya sehingga kita akan melihat mereka secara berbondong-bondong mendaftar di bimbel yang kita kelola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar