Senin, 11 Agustus 2014

Metode Kurikulum Pembelajaran Tahun 2013

Setiap tahun kurikulum selalu berganti dan diperbarui agar bisa kompeten dan efektif terhadap diri peserta didik itu sendiri. Di tahun 2013, kurikulum datang dengan pengembangan dua metode proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung dan secara tidak langsung. Apa maksudnya dan apa saja keuntungan yang didapat peserta didik dengan dua metode tersebut?


Yang dimaksud proses pembelajaran langsung dalam kurikulum 2013 adalah proses pembelajaran dimana peserta bisa mengamati, berinteraksi dan mengumpulkan informasi secara langsung terkait mata pelajaran yang sedang dijabarkan. Pengajar akan menerangkan dan menjawab secara komunikatif dalam interaksi satu sama lain sehingga proses pembelajaran ini diharapkan dapat mengembangkan daya pikir dan pengetahuan peserta didik tersebut. Proses pembelajaran langsung umumnya sudah berlangsung di banyak kurikulum tahun-tahun sebelumnya, namun diharapkan pada metode di tahun 2013 menjadi lebih baik lagi dalam pengaplikasiannya terhadap peserta didik. 

Sementara proses pembelajaran tidak langsung lebih bisa dibilang sebagai reaksi dan aksi saat pembelajaran berlangsung. Pengembangan nilai, sikap dan perilaku yang akan disorot dalam proses yang satu ini sehingga bisa dibilang ini juga merupakan bagian penting dalam metode kurikulum 2013 ini. Sehingga satu sama lain saling terkait, dan pada metode di tahun ini diharapkan keduanya saling berjalan beriringan untuk memaksimalkan pendidikan bagi sang peserta didik. 

Tentu niatan terkait metode kurikulum yang baru ini harus kita sambut dengan senang hati. Entah kita sebagai pengajar atau peserta didik, harus benar-benar mengapresiasi pola kurikulum yang semakin canggih dan baik ini. Semoga ke depannya pola kurikulum semakin bertambah tinggi dan secara efektif mampu mendidik putra-putri bangsa untuk meraih pengetahuan dan pola pendidikan yang terbaik. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar