Setiap tahun kurikulum selalu berganti dan diperbarui agar bisa kompeten dan efektif terhadap diri peserta didik itu sendiri. Di tahun 2013, kurikulum datang dengan pengembangan dua metode proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung dan secara tidak langsung. Apa maksudnya dan apa saja keuntungan yang didapat peserta didik dengan dua metode tersebut?
Yang dimaksud proses pembelajaran
langsung dalam kurikulum 2013 adalah proses pembelajaran dimana peserta bisa
mengamati, berinteraksi dan mengumpulkan informasi secara langsung terkait mata
pelajaran yang sedang dijabarkan. Pengajar akan menerangkan dan menjawab secara
komunikatif dalam interaksi satu sama lain sehingga proses pembelajaran ini
diharapkan dapat mengembangkan daya pikir dan pengetahuan peserta didik
tersebut. Proses pembelajaran langsung umumnya sudah berlangsung di banyak
kurikulum tahun-tahun sebelumnya, namun diharapkan pada metode di tahun 2013
menjadi lebih baik lagi dalam pengaplikasiannya terhadap peserta didik.
Sementara proses pembelajaran tidak
langsung lebih bisa dibilang sebagai reaksi dan aksi saat pembelajaran
berlangsung. Pengembangan nilai, sikap dan perilaku yang akan disorot dalam
proses yang satu ini sehingga bisa dibilang ini juga merupakan bagian penting
dalam metode kurikulum 2013 ini. Sehingga satu sama lain saling terkait, dan
pada metode di tahun ini diharapkan keduanya saling berjalan beriringan untuk
memaksimalkan pendidikan bagi sang peserta didik.
Tentu niatan terkait metode kurikulum
yang baru ini harus kita sambut dengan senang hati. Entah kita sebagai pengajar
atau peserta didik, harus benar-benar mengapresiasi pola kurikulum yang semakin
canggih dan baik ini. Semoga ke depannya pola kurikulum semakin bertambah
tinggi dan secara efektif mampu mendidik putra-putri bangsa untuk meraih
pengetahuan dan pola pendidikan yang terbaik. Amin!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar