Selasa, 31 Desember 2013

Bagaimana Mengatur Sistem Manajemen Bimbel Skala Rumahan?

Belakangan ini muncul konsep baru dari bisnis bimbingan belajar yang lebih murah meriah dan mudah dikelola, yakni bisnis bimbel rumahan. Tampil dengan cara yang berbeda, lebih sederhana dan santai, ternyata model ini mampu mengeruk hasil yag cukup menggoda. 

Kebanyakan pelaku usaha bimbel rumahan ini mengejar target pasar dari lingkungan pemukiman sekitarnya. Justru ini menjadi nilai tambahnya, karena biasanya proses promosi lebih murah, cukup dengan ketok tular antar tetangga. Selain itu, banyak ibu yang merasa lebih nyaman mengkursuskan anaknya di jasa bimbel yang dekat dari rumah, terutama bila Anda melayani bimbingan belajar untuk anak-anak.

Tetapi meski terkesan mudah, murah dan sederhana, tidak lantas Anda mengabaikan unsur manajemen dalam usaha. Manajemen bimbel tetap menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan bila Anda ingin sukses dengan usaha bimbel rumahan Anda.

Karena manajemen bimbel yang baik akan menjadikan usaha Anda yang berskala rumahan tetap mampu beroperasi secara profesional. Dan siapa pula konsumen yang mau memilih Anda bila Anda tidak profesional, benar kan?

Lalu bagaimana membuat sistem manajemen bimbel skala rumahan yang profesional? Berikut ini informasinya :
1.       Menjadi yang diinginkan pasar
     Meski Anda hanya membuka usaha di rumah, sebaiknya Anda tetap memiliki data yang mampu menjawab pertanyaan seperti berapa harga yang tepat untuk target pasar Anda? Apa fasilitas yang diharapkan konsumen Anda dari sebuah jasa bimbingan belajar? Apa target-target yang ingin konsumen Anda dicapai dengan ikut menjadi siswa bimbel? Semakin baik Anda mampu membaca kebutuhan dan kendala di pasar, semakin baik pula Anda beradaptasi dengannya. Menjadi sesuai dengan keinginan pasar bisa menjadi solusi terbaik dalam mengeruk untung dari usaha rumahan Anda ini. Karena bila Anda bekerja di kawasan hunian, pasar Anda terbatas, jadi Andalah yang harus beradaptasi dengan pasar, supaya pasar memilih Anda.

2.       Biarkan gossip bekerja
     Gosip memang selalu menjadi kegemaran yang melekat di kalangan pemukiman dan perumahan. Jadikan ini jalan pintas usaha promosi Anda. Sederhananya, jadikan konsumen Anda yang puas dengan pelayanan Anda menjadi mesin penyebar gossip yang akan mempromosikan bisnis bimbel Anda ke tetangga-tetangganya. Kenyataannya, produksi dan pemasaran selalu menjadi sisi yang terus bersinergidalam mensukseskan usaha. Jadi fokuslah pada bagaimana menjadi bimbel yang mampu memuaskan konsumen. Kuncinya kembali ke poin satu, jadilah sesuai keinginan konsumen.

3.       Berhemat dengan bijaksana
    Meski Anda bisa saja membeli seperangkat AC dengan harga mahal, tetapi bila pasar potensial Anda tampaknya hanya membutuhkan kipas angina, Anda tidak perlu ngoyo. Lakukan selalu langkah cermat bila berkaitan dengan biaya. Seperti dengan menggunakan soft copy modul bimbel dari pada harus membuat sendiri modul bimbel. Membuat sendiri akan memakan waktu, lebih boros dan tidak bisa terjamin kualitasnya.

4.       Gunakan tenaga seperlunya
    Bila Anda masih bisa mengelola pengajaran dengan tenaga Anda sendiri, ada baiknya Anda tidak perlu merekruit tenaga tambahan dulu. Karena justru perekruitan akan menambah biaya operasional yang bisa memberatkan usaha rumahan Anda. Biasanya usaha rumahan berawal dari modal kecil, jadi jangan mengambil keputusan yang akan menciptakan pemborosan. Akan lebih bijak bila Anda mengtaur time management untuk mengelola keterbatasan waktu.

5.       Pendataan keuangan
    Ini dia yang kerap diabaikan pengelola atau pemilik bisnis bimbel rumahan. Meski bercap rumahan, bukan lantas Anda bebas mencapur aduk penghasilan bimbel Anda dengan urusan rumah tangga. Karena pecatatan yang berantakan bisa berakibat fatal, dana yang seharusnya untuk operasional terpakai untuk hal di luar usaha.. Anda bisa saja kekurangan cash pada saat Anda membutuhkan dana untuk mencetak modul atau membeli ala tulis. 

6.       Jangan terlalu kaku
     Metode yang harus Anda ambil baik dalam aktivitas pengajaran dan metode promosi harus lebih luwes. Ini karena kebanyakan konsumen Anda adalah tetangga Anda sendiri, jadi berupayalah untuk tetap menjaga suasana akrab dan kekeluargaan. Tetapi Anda tetap harus menekankan ketegasan pada peserta kursus supaya mereka bisa mengikuti kelas dengan baik. 

Itu tadi 6 cara dalam menjalankan manajemen bimbel yang simpel. Siap menjalanan manajemen bimbel untuk bisnis bimbingan belajar skala rumahan?

 Jual Modul Bimbingan Belajar SD SMP SMA

Modul Persiapan UN SD SMP SMA

Bank Soal SD SMP SMA

Administrasi Bimbel

9 komentar:

  1. sangat bermanfaat, makasih infonya pak

    BalasHapus
  2. Berapa harga modulnya Pak..?
    Bisa hubungi wa 082257788918

    BalasHapus
  3. Modul sd dan smp nya berapa pak?

    BalasHapus
  4. Untuk materi lesnya... Banyak orang tua yang menghendaki les membantu anak menyelesaikan pekerjaan rumah nya. Apa yang sebaiknya hal yang harus kita lakukan?

    BalasHapus
  5. Untuk materi lesnya... Banyak orang tua yang menghendaki les membantu anak menyelesaikan pekerjaan rumah nya. Apa yang sebaiknya hal yang harus kita lakukan?

    BalasHapus
  6. berapa harga modul bimbelnya pak 085727371747

    BalasHapus
  7. Terima kasih
    Bole tau hrga modul sma
    Wa 081240784275

    BalasHapus