Jumat, 13 Juni 2014

Potensi Membuka Bisnis Bimbel Di Kota Kecil


Bicara soal bisnis bimbel memang tak bisa disangkal adalah sebuah usaha dengan potensi dan peluang keuntungan yang sangat menjanjikan. Bisnis bimbel dan tutoring kini dimulai sejak strata TK hingga SMA.  Berkat tingginya tuntutan penguasaan materi pembelajaran yang diterapkan dalam kurikulum.


Hanya saja sebagaimana sebuah peribahasa, ada gula ada semut. Maka dengan tingginya potensi dengan pasar yang sangat besar, di saat yang sama juga muncul sangat banyak pemain dalam bidang usaha ini. Hasilnya persaingan dalam bisnis bimbel terbilang cukup ketat. Tidak peduli itu di kota besar ataupun di kota kecil.

Anda bisa dengan mudah menjumpai berbagai bisnis bimbingan belajar yang berserakan di setiap daerah. Terutama dari berbagai jenis bisnis bimbel skala nasional dari brand-brand bisnis bimbel ternama di Indonesia. 

Di sinilah masalah muncul, menyebarnya bisnis bimbel ke seantero Nusantara membuat tidak mudah menjaga standar kualitas yang sama di setiap cabang. Sebagian pembeli hak franchise hanya berkepentingan pada masalah nilai uang dan pendapatan dan tidak sepenuhnya menaruh perhatian dan integritas pada target pencapaian prestasi siswa. Pola ini kebanyakan muncul di kota kecil karena tidak mudah diakses dan sulit pengawasan standar.

Celah inilah yang bisa Anda olah untuk membuka bisnis bimbel skala kecil. Ada beberapa potensi lebih dari sebuah bisnis bimbel yang dibuka di kota kecil, seperti :

      Persaingan tidak terlalu ketat
Pemain dalam pasar bisnis bimbel di kota kecil tidak sepadat di kota besar. Ini membuat peta persaingan menjadi lebih ringan.Pemain lokal tidak banyak dan pemain dari model franchise pada umumnya kurang memiliki kualitas yang sesuai harapan.

      Biaya cenderung kecil
Ini terkait dengan biaya sewa gedung yang relatif lebih murah dan UMR yang lebih terjangkau. Jadi Anda bisa menekan biaya tenaga kerja dan biaya gedung lebih optimal. Dengan biaya yang lebih kecil tentu saja Anda bisa menekan harga dan meningkatkan daya saing Anda di dalam persaingan bisnis.

      Promosi lebih sederhana
Memikat pasar di kota kecil cenderung lebih simpel ketimbang dalam metode promosi di kota besar. Faktor gaya hidup dan latar belakang pendidikan yang lebih tinggi membuat konsumen di kota besar cenderung lebih lebih detail dalam memilih. Sedang pada kota kecil, kecenderungan konsumen berpikir dengan lebih sederhana dan simpel sehingga lebih mudah dipikat.

Itulah beberapa kelebihan dari membuka bisnis bimbel di kota kecil. Tetapi jangan salah, ada beberapa hal negatif yang juga perlu Anda perhatikan ketika Anda membuka bisnis bimbel. Temukan informasinya di sini.

kata kunci : Potensi Membuka Bisnis Bimbel Di Kota Kecil, bisnis bimbel, modul bimbingan belajar, modul bimbel sd, modul bimbel smp, modul bimbel sma, modul bimbingan belajar kurikulum 2013, modul bimbel matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar