Jumat, 13 Juni 2014

Sisi Negatif Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Membuka Usaha Bimbingan Belajar Di Kota Kecil

Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas mengenai bagaimana potensi dan peluang yang bisa Anda dapatkan dari membuka usaha bimbingan belajar di kota kecil. Jelas dikatakan di sana bahwa persaingan yang tidak seketat di kota besar menjadi dasar utama besarnya potensi usaha bimbinga belajar di kota kecil dan pedesaan.
 
Meski demikian, rupanya di balik peluang besarnya, terdapat beberapa sisi negatif, kerugian dan kesulitan yang akan dihadapi mereka yang memiliki usaha bimbinga belajar di kota kecil. Apa sajakah itu, temukan di sini.

1     Sulitnya menemukan tutor berkualitas
Kebanyakan tutor berasar dari mahasiswa tingkat akhir atau lulusan dari berbagai fakultas ilmu murni dari Universitas ternama di Indonesia.Hanya saja kebanyakan Universitas ternama berdiri di kota besar. Jadi ketika Anda membuka usaha bimbingan belajar di kota kecil Anda akans edikit mengalami kesulitan dalam rekruitmen.

2    Pasar yang terbatas
Anak muda di kawasan kota kecil hanya memiliki kecenderungan sekitar 60 % bahkan kurang untuk melanjutkan ke bangku kuliah, kebanyakan karena faktor biaya. Dengan begitu, permintaan untuk kursus menjelang Ujian Masuk Universitas tidak sepadat di kota besar. Apalagi tidak banyak pula permintaan yang muncul dari siswa yangtengah duduk di kelas yang tidak berhadapan dengan Ujian nasional, seperti siswa kelas 9 atau kelas 10.

      Kemampuan ekonomi cenderung lemah
Kemampuan ekonomi rata-rata di kota kecil cenderung lebih rendah dari kota besar. Meski ini juga berarti lebih rendahnya UMR sehingga Anda bisa menekan biaya tenaga kerja. Hanya saja karena Anda tetap tidak bisa mematok harga terlalu tinggi karena akan membuat Anda kehilangan peluang mendapat konsumen. Anda perlu menyesuaikan harga jasa bimbel dengan daya beli dan kemampuan keuangan konsumen Anda.

      Akses terbatas
Pada umumnya akses angkutan umum di kota kecil cednerung terbatas. Kadang tidak membuka jalur transportasi umum di malam hari dan disiang hari tidak semua kawasan dan jalan dilalui angkutan. Kondisi ini kadang mempersulit konsumen Anda untuk menikmati jasa Anda.

Itulah 4 alasan kenapa untuk membuka usaha bimbingan belajar membutuhkan sebuah konsentrasi untuk menganalisa sittuasi yang ada dan memahami penggunaan fasilitas yang tepat. Jadi meski usaha bimbigan online ini memiliki nilai berharga untuk seorang mentor.

kata kunci : usaha bimbingan belajar, Sisi negatif usaha bimbel di kota kecil, modul bimbingan belajar, modul bimbel, sop bimbel, modul bimbel sd, modul bimbel smp, modul bimbel sma, bank soal, spftcopy modul bimbingan belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar