Minggu, 29 Juni 2014

Membangun Suasana Belajar di Kelas Untuk Siswa Bimbel


Membangun Suasana Belajar di Kelas Untuk Siswa Bimbel

Setelah lelah menjalankan kelas formal mereka selama setengah hari, dengan sisa energi yang mereka miliki siswa ini masih harus melanjutkan sesi belajar mereka di kelas  bimbel. Jangan kaget bila kemampuan mereka di kelas tidak lagi seoptimal ketika mereka menjalankan kelas formal mereka.

Kadang mereka hadir dengan kantuk, rasa lelah dan keengganan. Terutama bila mereka tidak secara ikhlas menjalankan kelas bimbel mengingat interfensi orang tua dalam pengambilan keputusan mengikuti kelas bimbel cukup besar.

Sebagai pengajar atau mentor, peran Anda cukup besar untuk membangun suasana kelas yang memicu semangat belajar. Ketika kelas terasa sebagai beban yang melelahkan, maka sebaik apapun metode mengajar seorang mentor tidak akan berhasil membantu kemampuan pemahaman siswanya.

Untuk itulah perlu beberapa langkah konkret untuk membantu siswa merasa nyaman dan terbangun semangatnya untuk belajar,s eperti beberapa cara berikut ini.

Tampilah dengan menarik
Anda tidak harus cantik atau tampan,tetapi sebagai mentor mutlak bagi Anda tampil menarik. Mengenakan busana yang tidak terkesan kaku tetapi tetap terkesan professional, dalam warna yang cerah dan menyegarkan. Jangan enggan untuk sedikit dandan karena ini membuat mereka merasa Anda sebagai pengajar cukup siap dan segar mengajar.

      Awali dengan ringan
Siswa Anda sudah lelah, jadi jangan mulai dengan cara yang terlalu serius. Justru ajak mereka bercanda, libatkan mereka dalam suasana mengajar yang ceria, dan lemparkan guyonan ringan yang mencerahkan suasana. Bila perlu bangun konsep diskusi untuk membantu mereka lebih bersemangat.
      Bangun suasana persaingan sehat
Persaingan kadang membakar semangat dan inilah perlunya Anda membangun suasana persaingan yang sehat di kelas. Biarkan siswa Anda merasa perlu memperlihatkan kemampuan mereka dengan penghargaan Anda dan siswa lain ketika siswa berhasil menunjukan sebuah keberhasilan. 

      Jadilah mentor gaul
Jadilah bagian dari mereka dengan memahami apa yang sedang ngetrend di tengah mereka. Pahami musik yang sedang menjadi in, fashion, idola atau apapun yang sesuai dengan usia siswa Anda.
Itu tadi beberapa tips yang bisa membantu Anda sebagai mentor membangun suasana belajar yng menarik dalam kelas

Kata Kunci : bimbel, modul bimbel, modul bimbingan belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar